Senin, 07 Maret 2011

Tingkatkan Terus Upaya Promotif dan Preventif Dalam Pembangunan Kesehatan

Hal tersebut diutarakan Menkes dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2011 yang berlansung mulai tanggal 21 - 24 Februari 2011 di Jakarta.

Menurut Menkes, Program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Jaminan Persalinan (Jampersal) merupakan upaya unggulan yang diharapkan dapat mempercepat pencapaian target MDGs. Program BOK dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan operasional Puskesmas di lapangan termasuk upaya promotif dan preventif. Karena itu Menkes minta kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota agar dapat meningkatkan upaya promotif dan preventif secara maksimal juga menjadi penggerak pembangunan kesehatan di daerah dan mampu menjadi contoh hidup sehat bagi masyarakat.

Menkes menambahkan di Kantor Kemkes sudah ada Ruang Laktasi atau disebut juga Pojok ASI. Ruang Laktasi ini menunjukkan komitmen Kemkes untuk melaksanakan program ASI ekskusif secara konsekuen. Diharapkan ruang laktasi dapat diadakan di semua kantor dan instalasi dari jajaran Dinas Kesehatan dan di semua RS di seluruh Indonesia.

Selain itu, untuk menindaklanjuti Peraturan Bersama Menkes dan Menteri Dalam Negeri No.188.Menkes/PB/I/2011 dan Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok, Menkes berharap agar dikembangkan kawasan Tanpa Rokok (KTR) diwilayah kerja masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar