Selasa, 04 Oktober 2011

PERTINAS IV : Ajang kesadaran untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS

Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional (Pertinas SBH) merupakan wahana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada guna menggalang persaudaraan, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pramuka, menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang dunia Kesehatan. Di samping itu, dengan mengikuti Pertinas diharapkan Pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada dapat mewujudkan cita-cita  Gerakan Pramuka dan cita-cita Nasional Bangsa Indonesia melalui pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang dikemas secara kreatif, inovatif, produktif, rekreatif serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Pertinas yang diselenggarakan  setiap5 tahun sekali diharapkan menjadi forum untuk saling berbagi pengetahuan, kemampuan, kecakapan dan keterampilan serta pengalaman di bidang kesehatan.


Pertinas SBH tahun 2011 di Gorontalo merupakan yang keempat kalinya setelah pelaksanaan pertama  sampai pelaksanaan ketiga di Jakarta,  Kabupaten Tanggamus-Lampung dan di Jatinangor, Jawa Barat. Pertinas SBH ke-IV Tahun 2011 tepatnya diselenggarakan di Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo pada tanggal 25 September - 2 Oktober 2011 dengan tema "Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Siap Menjadi Kader Pembangunan yang sehat, Bersahabat, Cerdas dan Berkualitas". Dalam Pertinas Tahun 2011 ini menghadirkan kurang lebih 1300 peserta dari 30 provinsi, dimana 3 provinsi lainnya tidak hadir karena beberapa alasan, yaitu Provinsi Bangka Belitung, Kalimantan Tengah dan Papua Barat. Panitia penyelenggara kegiatan Pertinas SBH selain berasal dari pusat yaitu Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan  Kementerian Kesehatan, didukung juga oleh panitia daerah yang terdiri dari gabungan anggota kabupaten/kota se-Gorontalo dan Sangga Kerja (Sangker). 


Panitia yang bekerja pada persiapan kali ini tidak hanya dibidang mereka masing-masing, akan tetapi saling bahu membahu agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik serta sukses.Kegiatan Pertinas 2011 dibuka oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr.Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DrPH. Menkes berpendapat bahwa nilai pendidikan kepramukaan terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan identik dengan nilai-nilai universal yang berlaku di seluruh dunia, oleh karena itu melalui Pertinas diharapkan dapat membantu kesadaran generasi muda khususnya Pramuka Penegak dan Pandega untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan yang sehat. Dalam sambutannya, Menkes juga menekankan empat poin penting untuk mensukseskan Pertinas SBH ke-IV ini agar berjalan sesuai harapan, yaitu : Kegiatan Pertinas SBH di Gorontalo menjadi forum untuk saling berbagi pengetahuan, kemampuan, kecakapan dan keterampilan serta pengalaman dalam bidang kesehatan; Kegiatan Pertinas SBH diharapkan dapat membentuk kesadaran untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam lingkungan yang sehat; Kegiatan Pertinas dapat menumbuhkan kader pembangunan kesehatan yang memiliki kepemimpinan yang sehat, handal, tangguh dan terpercaya serta mendedikasikan jiwa raganya untuk kepentingan bangsa; Kegiatan Pertinas SBH ke-IV bisa memfokuskan kegiatan bakti fisik dan non fisik di bidang kesehatan bagi masyarakat di desa-desa yang menjadi lokasi kegiatan. Menkes juga mengharapkan agar kegiatan Saka Bhakti Husada dapat turut membantu menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilanBerita ini publikasikan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI (de)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar